15 Parpol Memenuhi Syarat Peserta Pemilu 2019

By Rudi Syafri 13 Feb 2018, 13:51:19 WIB 50 kota
15 Parpol Memenuhi Syarat Peserta Pemilu 2019

Limapuluh Kota, BKNews--Setelah melakukan verifikasi terhadap kepengurusan dan keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis, (8/2) melakukan penyerahan berita acara hasil verifikasi faktual terhadap partai politik. Penyerahan berita acara hasil verifikasi faktual tersebut dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Limapuluh Kota, Ismet Aljannata, didampingi komisioner Hadi Suhaimi, Ilham Yusardi, Budi Mulia dan Rina Fitri dan juga hadir Panwaslu Limapuluh Kota, Yoriza Asra, Budi Febriandi dan Zumaira. Disamping itu juga yang dihadiri Ketua-ketua Partai Politik, Polres Kota Payakumbuh dan Polres Kabupaten Limapuluh Kota,Plt. Sekda Limapuluh Kota, Taufik Hidayat dan Kesbangpol Limapuluh Kota.

Ketua KPU Kabupaten Limapuluh Kota, Ismet Aljannata, dalam sambutannya mengatakan bahwa proses yang dilakukan oleh KPU hari ini merupakan hasil verifikasi yang telah dilakukan KPU dan diawasi oleh Panwaslu sejak beberapa hari lalu. “Dari verifikasi yang dilakukan tim KPU, sebanyak 15 Partai Politik yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota setelah dilakukan verifikasi dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2019,” ujar Ismet Aljannata.

Ismet Aljannata menyebutkan adapun 15 partai politik di Kabupaten Limapuluh Kota yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2019 tersebut adalah Partai Golkar, PPP, PAN, Partai Gerindra, Partai Hanura, Partai Demokrat, PKB, PDI-P, Partai Nasdem, PKS, PBB, Partai Garuda, Partai Perindo, PSI dan Partai Berkarya.

Komisioner KPU, Budi Mulya dan Ilham Yusardi menyebutkan, jumlah seluruh partai sebanyak 16 partai, namun yang diverifikasi hanya 15partai. Sebab partai PKP tidak memasukkan berkas sejak awal verifikasi tahap I hingga verifikasi faktual. "Sehingga partai yang memenuhi syarat di Limapuluh Kota sebagai calon peserta pemilu hanya 15 partai. Semua berkas sudah diserahkan ke masing-masing parpol dan Panwaslu,"ungkap Ilham Yusardi dan Budi Mulya.Tahapan selanjutnya, KPU Limapuluh Kota akan melakukan penataan dapil. Langkah selanjutnya menghimpun masukan melalui uji publik. "Saat ini kita sudah menyusun tiga variable penataan daerah pemilihan. Kita akan lakukan uji publik sebelum penetapannya. Ini merupakan bagian tahapan kerja KPU selanjutnya,"pungkas Ilham Yusardi. (doddy/kumis)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment