5 Kawanan Pencuri di 50 TKP Dibekuk Polisi

By Rudi Syafri 28 Nov 2017, 11:00:37 WIB Payakumbuh
5 Kawanan Pencuri di 50 TKP Dibekuk Polisi

Payakumbuh, BKNews--Jajaran Polres Payakumbuh pantas diberi ajungan jempol. Betapa tidak, berkat kerja keras anggota polisi setempat, berhasil menangkap 6 kawanan pencuri yang telah mengasak rumah dan warung sejak beberapa tahun terakhir di 50 Tempat Kejadian Perkara (TK) di sejumlah daerah seperti Payakumbuh, Limapuluh Kota, Bukittinggi, Batusangkar dan Pasaman.

Kapolres Payakumbuh, AKBP. Kuswoto melalui Kasat Reskrim, AKP. Camri Nasution, KBO Iptu Edi Viarso, Kanit Reskrim, Iptu Syafri danPaur Humas Polres Payakumbuh, Aiptu. Hendri Ahadi, kepada sejumlah wartawan mengakui bahwa empat orang dari enam kawanan pencuri itu ditangkap, Senin lalu.

“Setelah dilakukan pengembangkan penyidikan, tim penyidik akhirnya berhasil menangkap dua orang lagi tersangka, sehingga tersangka menjadi 6 orang,” sebut Kasat Reskrim, AKP. Camri Nasution.

Diungkapkan Kasat Reskrim, AKP. Camri Nasution, penangkapan terhadap 5 kawanan pencuri spesialis pengupak toko dan rumah warga itu berawal dengan ditangkapnya tersangka Ed (32) warga Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, karena terlibat pencurian makanan ayam di Rajawali Ps pada tangal 31 Oktober lalu.

Setelah berhasil membekuk Ed, diciduk tersangka lainnya berinitial Iw (33) warga Sikabu-kabu yang juga terlibat mencuri satu unit sepeda motor Suzuki FU disebuah rumah makan di Simpang Batu Ampa.

Motor hasil curian tersebut diberikan pada ponakannya dengan meminta uang Rp2 juta. TersangkaIr ditangkap di rumah istrinya di Koto Nan Ampek, Rabu pagi (15/11) sekitar jam 3.00 Wib.

Ketika dilakukan pengembangan penyidikan dari tersangka Ed dan Iw berhasil pula dicokok AA (22) warga Jorong Padang Jariang, Situjuah Gadang, mencuri sebuah televise 43 in merek Samsungdi Kaniang Bukik, Senin malam (13/11) sekitarpukul 5.00 Wib.

Kemudian hasil curian dibawa ke rumah tersangka MM, dan dijual oleh tersangka MM ke sejumlah daerah di Sumbar.

“Dari hasil penyidikan, dari tersangka AA dan MM diperoleh keterangan bahwa mereka bersama-sama telah melakukan pencurian hampir 50 TKP, memakai mobil rental kemudian hasil curiandi jual oleh MM, dari hasil penjuan tsb di bagi dua, setelah di keluarkan untuk membayar rental mobil.

Lebih jauh diungkapkan Kasat Reskrim, AKP. Camri Nasution, setelah berhasil menangkap tersangka Ed, Iw, AA dan MM, anggota penyidik Satreskrim Polres Payakumbuh berhasil menangkap STM (35) warga Situjuah Padang Jariang juga terlibat bersama kawanannya mencuri pesawat televiseberbagai merek sebanyak20 unit dan dan burung berkicau yang pelihara warga di jual di Payakumbuh, Padang, dan Pangkalan.

“ Selama menjalankan aksi pencuriannya, kelima tersangka sudah berhasil mencuri 33 unit televise di Kota Payakumbuh, di Bukittinggi5 unit TV, di Pariaman 3unit TV, di Pasaman 2 unit TV, Padang Panjang 1 unit TV dan Batu Sangkar 2 unit TV,” ujar Kasat Reskrim, AKP. Camri Nasution.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, sejumlah barang bukti berikut kelima tersangka sudah dijebloskan ke tahanan Polres Payakumbuh untuk pengusutan lebih lanjut. (doddy/kumis)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment