Banjir Bandang Terjang Limapuluh Kota

By BAKINews 22 Apr 2019, 12:11:58 WIB 50 kota
Banjir Bandang Terjang Limapuluh Kota

Limapuluh Kota, BKNews----Musibah bencana alam banjir bandang yang terjadi Selasa sore (16/4) sekitar pukul 14.40 Wib menghantam 3 wilayah kecamatan di kawasan Kabupaten Limapuluh Kota.

Menurut informasi dari pihak BPBD Limapuluh Kota, dari 3 wilayah kecamatan yang dihantam banjir bandang tersebut, daerah terparah terjadi di Jorong Padang Kuniang, Nagari Situjuah Gadang, Kecamatan Situjuah Limonagari.

Meski dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam musibah bencana banjir bandang tersebut, namun pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota, mengungkapkan bahwa, akibat banjir bandang tersebut sebuah rumah warga milik Daniwar (54 tahun) di Jorong Padang Kuniang, Kenagarian Situjuah Gadang, nyaris tertimbun material lumpur. Disamping ratusan hektar sawah rusak parah disapu material lumpur dan bebatuan yang meluncur dengan deras dari puncak bukit Gunung Sago, banjir bandang juga merusak kolam ikan dan kandang ternak milik masyarakat setempat.

Kalaksa BPBD Limapuluh Kota Joni Amir yang dihubungi sedang melakukan peninjaun ke Jorong Padang Kuniang, Nagari Situjuah Gadang bersama Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan dan tim penaggulangan bencana Basarnas, Pos SAR Limapuluh Kota, jajaran kepolisian dan Kodim 0306/50 Kota.

“ Saat ini Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, bersama BPBD dan Pos SAR Limapuluh Kota, jajaran Polres Payakumbuh dan Kodim 0306/50 Kota, sudah turun ke lokasi melakukan pemantauan ke lokasi,” ungkap Joni Amir.

Kepada masyarakat yang berada di sekitar daerah yang terkena luapan banjir bandang, Wakil Bupati Ferizal Ridwan meminta warga untuk berhati-hati dan waspada, jika sekonyong-konyong banjir bandang itu datang lagi, karena saat ini di kawasan Gunung Sago masih turun hujan.

Wakil Bupati Ferizal Ridwan juga menyebutkan, banjir bandang yang terjadi Kecamatan Situjuah Limonagari ini, melanda tiga jorong yakni Jorong Kociak, Jorong Padang Kuniang, dan Jorong Sungai Janiah.

Disamping itu bencana banjir dan luapan air bah juga terjadi di kawasan Kecamatan Lareh Sago Halaban dan kawasan Kecamatan Luhak.

“Sejauh ini jumlah kerugian yang diderita masyarakat yang ada di tiga kawasan Kecamatan yang terdampak bencana alam banjir bandang dan air bah yang bersumber dari puncak Gunung Sago tersebut belum terdata,” tambah Joni Amir.

Joni Amir menyatakan, saat ini tim BPBD Limapuluh Kota tengah melakukan pendataan terhadap kerugian warga, kerugia tersebut baik itu sawah, kolam, dan rumah yang terdampak bencana.

Sementara itu Camat Situjuh Limonagari, Rahmad Hidayat, yang dihubungi awak media menyebutkan, banjir bandang yang terjadi di daerahnya itu seperti diungkapkan masyarakat, datangnya begitu cepat dan menyapu persawahan penduduk yang berada di pinggiran anak sungai yang dialiri banjir bandang tersebut.

“ Untuk mengantisipasi terjadinya korban jiwa, sejumlah warga berusaha mengungsi ke kawasan yang agak tinggi sambil menyelamatkan barang berharga dan hewan ternak mereka,” pungkas Rahmad Hidayat. (Doddy/Kumis)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment