Budaya Nagari dan Daerah Perlu Dipertahankan

By BAKINews 12 Mar 2019, 11:57:50 WIB Sijunjung
Budaya Nagari dan Daerah Perlu Dipertahankan

Sijunjung, BKNews----Budaya bangsa Indonesia yang hidup dan berkembang sekarang ini, berasal dari budaya masyarakat nagari dan daerah yang diwarisi sejak nenek moyang dulunya. Makanya, masyarakat di setiap nagari, jangan merasa gengsi melesatarikan budaya lokal yang sudah ada sejak nenek moyang. Lagi pula, budaya lokal atau daerah itu, merupakan jati diri masyarakat.

H. Andre Syaiful anggota DPR RI, yang duduk pada komisi IX, salah satunya membidangi pendidikan dan kebudayaan, sewaktu bincang-bincang dengan awak media, di Sijunjung, beberapa hari lalu, merasa terharu dan gembira melihat penampilan beragam seni budaya tradisional anak nagari Lubuk Tarok, yang digelar pada setiap kegiatan Festival “ Godok Obuih “, dan Berkaul Adat usai panen padi.

Seni budaya anak nagari yang antara lain, Randai, Tari Piring, Tari Tanduk, Dendang menidurkan anak, berbalas pantun, Ilau, Oduoh, Pencaksilat dan kuliner tradisonal dari kelompok Dasa Wisma, sehingga, pesta rakyat Membangkik batang tarandam itu, disambut antusias oleh masyarakat serta pejabat daerah kabupaten Sijunjung, yang memadati arena pertunjukan.

Menurut H. Andre Syaiful, seni budaya anak nagari tersebut, hendaknya dapat dijadikan kalender tahunan di Lubuk Tarok dan daerah kabupaten Sijunjung, karena, para turis manca Negara ataupun turis lokal, dewasa ini, selalu mencari yang unik yang alami. Makanya, ninik mamak selaku tokoh adat dan para Pembina seni budaya serta pemerintahan nagari Lubuk Tarok, diharapkan mampu melestarikannya kepada generasi muda, sehingga, anak muda sekarang dan masa depan, dapat menjadikannya sebagai jati dirinya.

Sementara itu, wali nagari Lubuk Tarok Zuriatman, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat Luibuk Tarok, yang telah mendukung rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, sehingga, seluruh kegiatan berjalan lancar, sukses, aman dan tertib sebagaimana yang diharapkan. Kegiatan itu akan diprogramkan pada tahun-tahun berikutnya, dan diharapkan kepada pemerintah daerah kabupaten Sijunjung, agar dapat membantu dalam pendanaan yang dibutuhkan, sehingga, bisa meningkat menjadi Iven daerah. (Rusli/Tasmarinda)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment