Bupati Solok Launching Setoran Perdana PBB-P2 Dan SP2D Online Tahun 2019

By BAKINews 13 Jul 2019, 10:48:02 WIB Kab. Solok
Bupati Solok Launching Setoran Perdana PBB-P2 Dan SP2D Online Tahun 2019

Arosuka, BKNews----Dalam rangka percepatan dan permudah masyarakat memenuhi kewajiban pajak, Bupati Solok H. Gusmal, SE.MM launching setoran perdana pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB-P2) dan surat perintah pencairan dana (SP2D) online kabupaten solok tahun 2019, Senin (8/7) di aula Solok Nan Indah Kantor Bupati Solok Arosuka.

Selain bupati solok, ikut hadir dalam lounching tersebut Aswirman Sekda Kab. Solok, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala BKD, Editiawarman, S.Sos M.Si dan Kepala SKPD lainnya lingkup Pemda kab. Solok, Kepala Bank Nagari Cab. Solok dan Capem Arosuka, Kepala KPP Solok,Forkopimda,Camat dan Wali Nagari se Kab. Solok, serta Pimpinan Instansi Vertikal terkait lainnya.

Dalam sambutannya H. Gusmal mengajak seluruh ASN yang bertugas di Kab. Solok sebagai garda terdepan untuk menjadi contoh warga patuh dan taat dalam pembayaran PBB, ditegaskannya supaya jangan ada lagi ASN dan masyarakat umum yang menghindar dari pembayaran PBB, karena itu sudah menjadi kewajiban bagi setiap warga negara sesuai yang undang-undang berlaku, sekaligus dengan pajak yang kita bayar, berarti kita sudah ikut berpartisipasi untuk membangun daerah kita sendiri, ungkapnya

“Saya mengharapkan dengan dilounchingnya PBB-P2 dan SP2D ini, pencapaian realisasi pembayaran pajak tahun 2019 ini 100% dapat dicapai di kab. Solok, karena PBB merupakan pendapatan daerah yang nantinya juga akan di manfaatkan balik bagi pembangunan bagi kepentingan masyarakat Kab. Solok, dengan pajak yang kita bayar, kita bangun bangun Kab. Solok yang lebih baik lagi, untuk itu guna pelaksanaannya kedepan Badan keuangan daerah (BKD) sebagai dinas yang bertanggung jawab akan hal ini dapat terus membangun komunikasi dan berkoordinasi, serta dapat mengkerjasamakan dengan pihak-pihak terkait dalam rangka pemungutan PBB”.

Kemudian pada kesempatan yang sama, orang nomor satu pilihan rakyat dinagari markisah itu juga mengintruksikan kepada seluruh Wali nagari lingkup pemerintah daerah Pemkab. Solok harus aktif untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai wajibnya pembayaran pajak. Dan berharap melalui aplikasi SP2D online ini, BKD dapat membantu program smart city Kab. Solok yang secara tidak langsung juga akan meningkatkan good govermence Kab. Solok, dan semoga tim khusus intensifikasi dan ekstensifikasi PBB ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam rangka pemungutan PBB”. Terang H.Gusmal.

Senada dengan harapan Bupati Solok, Editiawarman, S.Sos, M.Si Kepala BKD Kab. Solok dalam laporannya diawal kegiatan juga telah menyampaikan komitmennya dengan seluruh energi yang ada di BKB Kab. Solok, bahwa mereka akan berupaya PBB-P2 mencapai target pembayaran 100% per 31 september 2019 dengan membentuk tim khusus.

“Saat ini sudah ada 9 nagari di Kab. Solok yang sudah lunas membayar pajak 100%, dan kegiatan ini salah satunya bertujuan memotivasi tim khusus intensifikasi dan ekstensifikasi bersama nagari untuk lebih giat melakukan PBB-P2 diwilayah kerja masing-masing sehingga diharapkan dapat meningkatkan realisasi penerimaan daerah” tuturnya.

Dengan mengusung tema“Kerjasama Pemerintah Kabupaten Solok dengan Bank Nagari Cabang Solok, Dengan Pajak, Bersama Kita Membangun Daerah”, Editiawarman selain juga menyampaikan, untuk peningkatan pendapatan daerah SP2D online juga berguna meningkatkan pelayanan di bidang perbendaharaan di lingkup pemerintah kab. Solok, serta sekaligus aplikasi tersebut juga untuk memberikan transparansi tahapan proses pengajuan SP2D oleh masing-masing SKPD.

Diakhir acara, louncing ditandai dengan pembayaran PBB perdana oleh Bupati Solok, H. Gusmal, SE. MM beserta istri Ny. Desna Defi Gusmal, SH melalui pelayanan oleh bank nagari, serta penyerahan penghargaan, serta hadiah kepada nagari yang telah 100% lunas melakukan pembayaran PBB tahun 2019, dan juga nagari dengan pembayaran tertinggi. Yakninya Ada 9 nagari yang telah 100% lunas membayar PBB tahun 2019 (Paninjauan, Batu Bajanjang, Garabak, Katialo, Aia Luo, Indudur, Siaro-Aro Dan Koto Laweh) dan Dan 5 nagari dengan tingkat pembayaran tertinggi (Sungai Nanam, Koto Baru, Aripan, Muaro Paneh, Dan Saok Laweh). (Miler)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment