Dua Pelaku Spesialis Curanmor L300 Pick Up Lintas Provinsi Meringkuk di Jeruji Besi Polres Arosuka

By BAKINews 13 Agu 2019, 11:49:06 WIB Kab. Solok
Dua Pelaku Spesialis Curanmor L300 Pick Up Lintas Provinsi Meringkuk di Jeruji Besi Polres Arosuka

Arosuka, BKNews---Dua orang pelaku pencurian kendaraan bermotor spesialis L300 Pick up dan satu orang penadah lintas propinsi, yang disebutkan ketiganya adalah warga pariaman berhasil diringkus Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polres Solok Arosuka, beserta 8 unit kendaraan L300 pick up sebagai barang bukti dari 8 Tempat Kejadian Peristiwa (TKP). Hal itu disampaikan oleh Kapolres Arosuka Ferry Irawan S.IK ketika press release, senin (12/8) di Mapolres Solok Arosuka.

Dijelaskan oleh Ferry Irawan, yang ikut didampingi oleh kasat reskrim AKP Denny Akhmad, bahwa pengungkapan kasus tersebut, berawal dari informasi masyarakat pada tanggal 3 juli 2019 diwilayah kecamatan lembah gumanti kepada jajaran reskrim yang melakukan patroli rutin, dimana kejadian sekitar jam 02:30 WIB, dan bisa diungkap 2jam kemudian setelah langsung ditindak lanjuti. Adapun identitas pelaku yang berhasil diringkus adalah Nur Azmi (NA) panggilan Jimmy (30) dan AF alias Dayat (31), serta satu orang penadah hasil dari pengembangan atas nama Evi Junaidi (48).

Dari pengembangan mereka mulai beroperasi dari tahun 2015, dimana dalam satu tahun terakhir, mereka sudah melakukan tidak pidana sebanyak 20 TKP yang tersebar di Sumatera Barat dan Riau, dan sesuai laporan yang masuk, 4 TKP berada di kabupaten Solok dan 4 TKP lagi ada di pariaman.

“setelah kita ungkap ternyata LP di Kab. Solok ada 4 TKP dan ada 4 lagi di pariaman, dari 8 TKP tersebut sudah kita sita 8 kendaraan, 4 kita serahkan ke Polres Pariaman untuk dilakukan pengembangan, dan disinipun kita akan terus kita lakukan pengembangan.Karena hasil pengakuan mereka,barang bukti telah dijual oleh para pelaku diwilayah yang tidak berada di sumatera barat, tapi ada diJambi, Kerinci, dan malahan ada di Pekanbaru. Selanjutnya barang bukti akan terus kita cari, termasuk dari hasil pengembangan kasus ini, masih ada dua teman pelaku yang sudah terindentifikasi, dan akan terus kita kejar dan sudah masuk dalam DPO Polres Arosuka” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, ditegaskannya juga bahwa pelaku semuanya berasal dari kota pariaman, dimana tidak ada bergabung dengan masyarakat yang berdomisili di kab. Solok, dimana mereka dalam operandinya random saja, dimana titik yang ada kendaraan dipinggir jalan, dan dirasa aman, lalu baru melakukan pencurian dengan menggunakan kunci T, setelah mereka berhasil, langsung dibawa kepariaman untuk seterusnya dijual kepenadah (EJ) dengan harga bervariasi antara 30 s/d 40 juta.

“Dua pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara, sementara bagi penadah diherat dengan pasal 480 KUHP” paparnya Pada kesempatan yang sama, Kapolres Solok juga memberikan keterangan terkait dengan digelarnya kegiatan operasi Antik oleh jajaran Sat Narkoba selama dua minggu sebelumnya, dimana dalam waktu singkat, Sat narkoba Polres Aro suka sudah berhasil melakukan pengungkapan 3 kasus narkoba, dan meringkus lima orang tersangka. Dimana dari pengembangan kasus tersebut, rata-rata mereka mendapatkan narkoba adalah dari luar daerah kab. Solok. (Miler)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment