Festival Petani Turun Ke Sawah H. Gusmal : Mari Kita Jaga Semangat Kebersamaan dan Gotong Royong

By BAKINews 15 Apr 2019, 13:52:26 WIB Kab. Solok
Festival Petani Turun Ke Sawah H. Gusmal : Mari Kita Jaga Semangat Kebersamaan dan Gotong Royong

Paninggahan Solok, BKNews

Moment ulang tahun seringkali dimeriahkan dengan berbagai hal dan kegiatan yang dapat meningkatkan rasa syukur kepada yang maha kuasa, atas segala nikmat dan anugerah yang di berikan olehNya. Baik itu peringatan ulang tahun bagi orang perorang, organisasi kelompok masyarakat, perusahaan, termasuk peringatan hari jadi Kabupaten solok yang ke 106 Tahun.

Seperti halnya peringatan hari jadi Kab. Solok ke 106 yang diadakan oleh Dinas pariwisata dan kebudayaan Kab. Solok, bersama masyarakat nagari paninggahan kecamatan junjung sirih dengan melaksanakan festival turun kesawah, selasa (2/4)lalu di Rumah Gadang Lulung Subarang Nagari Paninggahan.

Dalam kemeriahan festival turun kesawah hari itu, terlihat dibalut pakaian khas galembong jaman dahulu dengan satu helai kain sarung dileher, terihat dihadiri langsung oleh Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM yang didampingi oleh rombongannya yakni, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Solok Yandra Frasat selaku ketua panitia pelaksana, Staf Ahli Bupati, Asisten, kepala SKPD Serta Camat dilingkup pemerintah kab.Solok, dan juga dihadiri oleh Anggota DPD RI H. Nopi Candra, SE, serta seluruh peserta festival turun kesawah dan terilhat juga hadir beberapa orang wisatawan dari manca negara.

Dalam laporannya, Yandra menyampaikan, bahwa event yang digelar pada kesempatan itu merupakan bentuk rasa syukur dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Solok ke 106, sekaligus untuk membangkitkan Pariwisata Kab. Solok. dan mengajak masyarakat bernostalgia bagaimana dulu cara kehidupan masyarakat minang yang penuh dengan kebersaman dan semangat gotong royong dalam menggarap sawah dengan segala kekayaan budaya dan unsur seni yang sekarang mulai tidak terlihat lagi.

Dikatakannya, dengan adanya event tersebut, diharapkan dapat menarik wisatawan untuk datang berkunjung ke Kabupaten Solok khususnya Paninggahan. Karena selain menawarkan pemandangan keindahan Danau Singkarak dan Gugusan Bukit Barisan, festival turun kesawah juga menyajikan kekayaan budaya dan tradisi yang siap ditampilkan pada wisatawan, sebagai nilai-nilai kearifan lokal yang ada di kehidupan petani di minang kabau.

Selanjutnya, Bupati Solok H. Gusmal dalam sambutannya sampaikan rasa haru, karena menurutnya, ditengah jaman milenial, dijaman yang serba moderen dan penuh tekhnologi serba canggih sekarang ini, Disparbud dan masyarakat Paninggahan telah mampu dan berhasil hadirkan nuansa tradisional yang kental dengan gotong royong.

“ Jujur saya sangat terharu dengan kegiatan digelar oleh Disparbud bersama dengan masyarakat paninggahan sekarang, karena dijaman milenial, dijaman modernisasi dengan segala kecanggihan teknologi yang ada, hari ini saya kembali merasakan bagaimana nuansa tradisional yang kental dengan kebersamaan dan semangat gotong royong kembali hadir ditengah masyarakat, dan ini adalah moment langka”.

“ Saya serasa kembali ke masa puluhan tahun silam, dimana setelah masa panen sawah merupakan tempat merajut silaturrahmi. Mulai dari latihan silek bagi pemuda, tempat bermain bagi anak-anak hingga mencari belut dan ikan yang mengundang keseruan”, tutur Gusmal.

Disampaikannya, bahwa dijaman sekarang momen-momen itu mulai pudar ditengah masyarakat, tetapi lewat peringatan hari jadi kabupaten Solok ke 106, kita berhasil hadirkannya kembali, diharapkannya semoga masyarakat Kab. Solok kedepan dapat menghidupkan kembali nilai-nilai kebersamaan yang sarat nilai silaturrahmi itu.

“Sekarang kemajuan teknologi mulai mengambil alih pekerjaan yang biasa dikerjakan secara bersama kini digantikan oleh mesin, namun kita perlu melestarikannya. Agar anak cucu kita juga merasakan bagaimana nikmatnya hidup dalam kebersamaan sebagai ciri khas budaya Minangkabau”. Sebelum mengakhiri sambutannya, H. Gusmal ucapkan terimakasih kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kab. Solok, serta masyarakat paninggahan.

”terimakasih kepada Disparbud dan masyarakat Paninggahan yang telah menghadirkan kembali nuansa tradisoinal di hari jadi Kabupaten Solok ke 106 ini, selanjutnya mari kita jaga nilai-nilai kebersamaan dan semangat gotong royong ini sebagai warisan budaya yang akan kita pertahankan” ungkapnya mengakhiri.

Sementara, senada dengan Bupati Solok, Anggota DPD RI Nopi Candra, SE yang juga hadir dikesempatan itu, juga beri apresiasi kepada pemerintah kabupaten Solok terutama masyarakat paninggahan yang telah melaksanakan Event turun Kesawah. Dia berharap kegiatan tersebut tidak hanya serimonial saja, tetapi akan terus di tingkatkan serta akan menjadi agenda tahunan kab. Solok kedepan. Dan dinyatakannya juga, bahwa dia sangat mendukung kegiatan - kegiatan yang di adakan oleh pemerintah kab. Solok.

Rangkaian acara turun ka sawah kali itu, dibuka dengan Silek Lunau, dilanjutkan dengan menangkap ikan disawah, hingga batanam padi.dan makan baselo di pamatang yang juga diikuti oleh Bupati dan semua undangan yang hadir, dimana terlihat mereka yang hadir begitu sangat menikmati dan menyatu dalam kekeluargaan, dan semangat kebersamaan dalam satu balutan pakaian tradisional petani solok. (Miler)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment