Kab. Solok Terapkan Smart City Guna Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

By BAKINews 05 Nov 2018, 13:50:37 WIB Kab. Solok
Kab. Solok Terapkan Smart City  Guna Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Keterangan Gambar : Bupati Solok H. Gusmal bersama Mulyadi marcos kepala Kominfo kab. Solok dan nara sumber saat acara pembukaan


Arosuka, BKNews----Derasnya perkembangan jaman dan kemajuan teknologi diera globalisasi, menuntut kepekaan dan inovasi juga pada setiap pelaksanaan tugas-tugas kenegaraan, tidak terkecuali dan ketinggalan bagi pemerintah daerah kabupaten solok yang juga terus berupaya meningkatkan pelayanan kemasyarakat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi tepat guna.

Upaya itu terlihat saat dilaksanakannya kegiatan pemaparan draft master plan smart city dan bimtek IV gerakan menuju 100 smart city, Selasa (30/10) di Ruang Solok nan indah Kantor Bupati Solok Arosuka, dengan menghadirkan nara sumber Ibu Andri dan Bapak Winarno dari BPPT dan kementrian KOMINFO RI.

Dalam sambutan Bupati solok H. Gusmal, SE. MM mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang sudah bersedia hadir dan menyempatkan diri untuk memberikan pembinaan dan bimbingan pada gerakan smartcity kab. Solok .yang dilaksanakan hari itu.

Dikatakannya, gerakan smart city yang merupakan implmentasi terhadap percepatan tarhadap pelayanan kepada masyarakat, jadi upayakan dapat berjalan dengan cepat, oleh karena itu kepada seluruh SKPD di intruksikannya agar dapat serius dan disiplin untuk dapat menguasai aplikasi yang disediakan dan disesuaikan di instasnsi masing-masing.

Kedepan kab. Solok harus bisa berkomitmen untuk terus dapat memikirkan bagaimana pelayanan yang diberikan kemasyarakat bisa secepat mungkin, terutama pada dinas capil, yang merupakan garda terdepan sebagai cerminan pelayanan di kab. Solok, sebab di dinas capil intensitas pelayanannnya cukup tinggi, begitupun kepada seluruh wali nagari untuk dapat pula mensosialisasikan aplikasi kita ini kepada masyarakat, ungkap Gusmal.

Sementara Ketua Panitia Mulyadi Marcos Kepala Dinas Kominfo kabupaten Solok, dalam laporannya, menyampaikan bahwa Smart city atau kota cerdas merupakan sebuah konsep penataan wilayah yang dirancang untuk membantu berbagai kegiatan masyarakat, terutama dalam mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, sehingga dapat memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Adapun tujuan kegiatan kali itu, antara lain Guna Peserta dapat memahami tentang konsep master plan smart city kab. Solok, Peserta memahami tentang kebutuhan pengembangan smart city di kab. solok sesuai dengan potensi daerah, Tersusunnya master plan smart city kabupaten solok.

Kegiatan pemaparan tentang Smart city kab. Solok di agenda selama dua hari, Selasa tanggal 30 oktober 2018 yaitu pemaparan draft master plan smart city kabupaten solok, Rabu tanggal 31 oktober 2018 yaitu bimtek IV gerakan menuju 100 smart city. Dengan Peserta berjumlah sebanyak 120 orang, terdiri Dewan smart city kabupaten solok, Tim perumus smart city kabupaten solok, Camat, dan Wali nagari Lingkup Kab. Solok. (Miler)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment