Kunjungan TIM V TSR Kab. Solok Tahun 1440 H/ 2019 M Berawal dari Nagari Salimpek

By BAKINews 14 Mei 2019, 12:42:40 WIB Kab. Solok
Kunjungan TIM V TSR Kab. Solok Tahun 1440 H/ 2019 M Berawal dari Nagari Salimpek

Salimpek, BKNews----Rabu(8/5), dalam Rangka meningkatkan silaturrahim dan sosialisasikan program kerja pemerintah daerah Kabupaten Solok kepada masyarakat, Tim Safari Ramadhan (TSR) Kabupaten Solok yang tergabung dalam kelompok V, di ketuai oleh kepala kejaksaan negeri Solok Aliyansah, SH.MH jambangi mesjid Baiturrahman Jorong Sungai Talang Nagari Salimpek Kecamatan lembah Gumanti.

Dimana, sesuai dengan surat keputusan Bupati Solok Nomor: 400-267-2019 tentang pembentukan Tim Safari Ramadhan kabupaten Solok Tahun 1440 H/ 2019 M. Selain Kejari Solok, kelompok Lima ini terdiri dari 13 (tiga) belas orang, yakninya H. Nofiarman, S. Sos. MM Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Kab. Solok, Nasripul Romika, S.Sos Kepala Dinas Koperindag Kab. Solok, ZulHatrizon Anggota DPRD Kab. Solok, H. Erpalis, SH Anggota DPRD Kab. Solok, Fidriati Ananda, SE, Akt Sekretaris Dinas Pendidikan, pemuda dan Olah Raga Kab. Solok, Didik Triharyanto pimpinan BRI cabang Solok, Ermon Sova Marah Baganti, LKAAM Kab. Solok, H. Elyunus, SH dari Mubaligh, Rahmadani Safitri, SH Bagian Kesra Setda Kab. Solok, ditambah rekan-rekan dari awak media Herman Rante wartawan The Public, Miler Krisdoni, SE Wartawan Korang Mingguan Bakinews, dan Eri Satri Wartawan Haluan.

Dalam sambutan yang diberikan oleh Wali Nagari Salimpek Zulfikar, atas nama masyarakatnya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Solok, karena Nagari Salimpek telah terpilih menjadi salah satu tujuan tim safari ramadhan Kab. Solok di tahun 1440H/2019 H kali itu, karena menurutnya selain untuk peningkatan silaturrahin antara Pemda Kab. Solok kepada masyarakat disana, dirinya meyakini bahwa kunjungan tim tersebut, juga merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap nagari yang dipimpinnya.

Pada kesempatan itu, Zulfikar yang berbicara di depan TSR V Kab. Solok dan seluruh jamaah mesjid Baiturrahman yang hadir menjelaskan, bahwa Jr. Sungai talang merupakan jorong baru, hasil dari pemekaran jorong taratak baru, dan baru berumur 7 (tujuh) tahun sejak di keluarkannnya surat keputusan oleh Bupati Solok, oleh sebab itu dikatakannya bahwa kondisi tersebut tentunya Jr, Sungai talang masih terdapat berbagai kekurangan dari segi sarana dan prasarana. Untuk itu melalui ketua rombongan dan seluruh tim, Zulfikar mohon dibantu untuk disampaikan ke Bupati Solok, agar Jr. Sungai talang sebagai Jorong baru bisa juga dibangun setara dengan Jorong-jorong lainnya yang terdapat dinagari tersebut.

Selain itu, Zulfikar wali nagari salimpek juga menyampaikan sedikit kekecewaannya, karena dari tiga belas orang yang sudah di SK kan oleh Bupati Solok, dirinya menyayangkan masih ada yang tidak bisa hadir, terutama bagi Anggota DPRD Kab. Solok yang telah ditunjuk, karena bagi mereka anggota DPRD seharusnya bisa hadir dan turun kemasyarakat, sehingga tahu bagaimana kondisi masyarakat yang mereka wakili, karena Anggota DPRD merupakan penyambung lidah untuk pembangunan dimasyarakat kedepan, pungkasnya.

Selanjutnya, Ketua tim TSR V Kab. Solok kepala Kejaksaan Negeri Solok Aliyansah mewakili seluru tim menyampaikan permohonan Bupati Solok, karena tidak bisa hadir secara langsung di Jr. Sungai talang, mengingat banyaknya nagari yang akan dikunjungi, maka dari itu, untuk terjangkaunya seluruh daerah kunjungan tahun ini, Bupati Solok berbagi tugas dengan empat belas tim safari ramadhan untuk bisa mendatangi masyarakat Kab. Solok.

Disampaikannya, bahwa tujuan dari kehadiran TSR ke Jr. Sungai talang merupakan langkah pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan silaturrahim dengan seluruh masyarakat kab. Solok, sekaligus guna menampung aspirasi yang nantinya akan disampaikan ke Bupati Solok sebagai bahagian rencana pembangunan kedepannya.

Dalam penyampaiannya, Kejari Solok juga mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk dapat bersama-sama dengan pemerintah daerah untuk ikut mensukseskan program kerja yang telah dituangkan dalam visi dan misi Kab. Solok guna mewujudkan masyarakat kab. Solok maju, mandiri menuju masyarakat madani yang berlandaskan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah.

Termasuk program religi yang terus di kibarkan semangatnya oleh pemerintah daerah, yakni program magrib mengaji dan subuh berjamaah, masyarakat diajak untuk bisa terus meramaikan dan memakmurkan seluruh mesjid yang ada diseluruh Kab. Solok.

Disamping itu, Aliansyah juga mengajak masyarakat untuk selalu menjauhi Pekat (penyakit masyarakat), karena dari Data Kejari Solok selama dia menjabat, rata-rata kasus pekat ini mencapai 200 perkara tiap tahunnya (Pencurian, penipuan, penggelapan, penganiayaan, pemalsuan surat, Narkoba), dan yang paling mengkhawatirkan itu adalah masalah narkoba yang terus mengancam masa depan generasi muda, karena dari sekian banyak kasus, 60%-70% dari 200 perkara tersebut tersangkut penyalahgunaan narkoba dan obat terlarang lainnya.

Sebelum mengakhiri, Aliansyah juga tidak lupa menyampaikan pesan Bupati Solok, atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat, karena telah ikut mensukseskan pemilu serentak yang baru-baru ini telah selesai dilaksanakan dengan aman dan damai, begitupun dengan tingkat partisipasi pemilih yang sudah mencapai diangka 70%.

Kedepannya, partisipasi masyarakat dala mensukseskan pemilihan wali nagri serenta pada bulan Oktober 2019 juga masih diharapkan, karena dengan kepedulian bersama, partisipasi, keikutsertaan seluruh masyarakat akan menentukan pemimpin terbaik yang ada dinagari mereka. Tuturnya.

Selanjutnya, selain penyampaian arahan dan pesan bagi masyarakat, kelompok V TSR Kab. Solok, diakhir acara memberikan bantuan Pemda kab. Solok Rp 10.000.000,- secara simbolis kepada pengurus mesjid guna pembangunan mesjid disana, dan penyerahan bantuan satu unit Jam dinding Digital penunjuk waktu Sholat.

Rombongan TSR Kab. Solok yang tergabung dalam kelopmpok lima tersebut, sesuai dengan Surat keputusan Bupati Solok, dua malam berikutnya akan melanjutkan kunjungan ke Mushalla Nurul Amal Sawah dalam Jorong Pandan Permai Nagari Sungai Janiah Kec. Gunung Talang dan Ke Mesjid Nurul Jadid Talang Barat Nagari Talang Babungo Kec. Hiliran Gumanti. (Miler)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment