Pemkot Solok Konsisten Pantau Dan jaga Stabilitas Harga Sembako Selama Ramadhan 1440H/2019M

By BAKINews 14 Mei 2019, 15:21:48 WIB Kota Solok
Pemkot Solok Konsisten Pantau Dan jaga Stabilitas Harga Sembako Selama Ramadhan 1440H/2019M

Solok, BKNews----Dalam rangka menindak lanjuti Rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Solok, Kepala Bagian Humas Dan Protokol Nurzal Gustim, S.STP, M.Si berikan keterangan pers kepada wak media, Jumat (10/5) lalu.

Diantaranya beberapa point penting yang disampaikan, dan guna disosialisaikan kepada seluruh masyarakat luas, khususnya masyarakat kota Solok adalah Hasil pemantauan harga bahan pokok oleh Dinas Pangan dan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, dimana hasil kunuungan lapangan dan data yang didapatkan, di Kota Solok keadaan Bulan Januari s/d April 2019 kebutuhan bahan pokok tidak mengalami gejolak harga, kalaupun mengalami kenaikan untuk tidak menunjukkan angka yang signifikas, atau masih dalam kewajaran, dari hasil pantauan, khusus untuk harga bawang merah dan cabe merah di bulan April 2019 mengalami kenaikan hanya lebih kurang Rp. 1.000,- masih pada batas kenaikan normal tidak begitu mempengaruhi.

Sedangkan untuk ketersediaan bahan pokok beras medium, gula pasir, minyak goreng dan tepung, stok masih aman dan tersedia untuk 3 (tiga) bulan ke depan, sehingga untuk stok di Kota Solok aman dan tersedia cukup, ungkapnya.

Maka dari itu, Nurzal Gustin menyampaikan, guna menjaga stabilitas harga, Bulog melalui Program Ketersediaan Pasokan dan Stabilitas Harga (KPSH) tetap melakukan pasar murah setiap hari di wilayah Kota Solok dan secara khusus Bulog telah membuka gerai di Pasar Raya dan di depan Kantor Sub Divre Solok, dengan jenis bahan pokok yaitu beras, minyak goreng, gula pasir, tepung dan daging beku. Termasuk untuk menjaga stok daging Dinas Pertanian Kota Solok juga telah melakukan kerjasama, khususnya pengadaan sapi potong dengan Provinsi Lampung.

Untuk itu untuk menjaga stabilitas harga selama ramadhan tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Solok akan terus melakukan pemantauan harga dan pasokan ke Pasar Raya dan Distributor Bahan Pokok guna menanggulangi kelangkaan bahan pokok dan stabilitas harga, tuturnya.

Di akhir keterangannya, langkah guna pemenuhan ketersediaan bahan pokok, Nurzal Gustin menyampaikan, bahwa Dinas Perdagangan Kota Solok juga akan mengadakan pasar murah yang rencananya akan dilaksanakan pada minggu ke-2 Bulan Ramadhan sebanyak 1.000 paket. (Miler)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment