Peringati Hari Kesaktian Pancasila TNI, Polri dan Pemko Payakumbuh Nobar

By Rudi Syafri 08 Okt 2018, 14:46:28 WIB Payakumbuh
Peringati Hari Kesaktian Pancasila TNI, Polri dan Pemko Payakumbuh Nobar

Payakumbuh, BKNews----Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, jajaran Kodim 0306/50 Kota bersama jajaran Polres Payakumbuh dan Pemko Payakumbuh serta masyarakat menggelar nonton bareng (nobar) pemutaran kembali film G-30S/PKI bertempat di Ngalau Indah Medan Nan Bapaneh, Kelurahan Bulakan Balai Kandi, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Minggu (30/9). Sebelum kegiatan nobar G-30 S/PKI bersama TNI-Polri, Pemkot dan masyarakat Kota Payakumbuh dan dilaksanakan diawali dengan shalat magrib berjamaah dilanjutkan tausiyah oleh Ustadz Desemberi Chaniago.

Pemutaran film G-30S/PKI dimulai sekitar pukul 19.30 Wib dihadiri Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav. Solikhin, S.Sos, MM, Asisten III Pemko Payakumbuh, Rida Ananda, Kasdim 0306/50 Kota Mayor Inf Hasbullah S.Ag, Danyon 131/Brs Mayor Inf Yusuf Saud Tanjung, Dandenzipur 2/PS Mayor Czi Ridwan Srihananto, Kapolsek Kota Payakumbuh Kompol Abdurahman Surya Negara S.Sos, Wakapolres Payakumbuh Kompol Edissra, Ketua DPRD Kota Payakumbuh YB. DT Permato Alam, Kasat Pol PP dan Damkar Devitra S.Sos. Msi, jajaran TNI, Polri dan masyarakat Kota Payakumbuh. Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav. Solikhin, S.Sos, MM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, TNI dan Polri kuat bersama rakyat. “Sudah 73 tahun sudah Indonesia merdeka, dalam meraih kemerdekaan itu ribuan nyawa dikorbankan disamping harta dan keluarga. Termasuk dalam penumpasan pemberontakan PKI tahun 1965, dan pemberontakan lain sebelum dan sesudahnya. Itu adalah sejarah bahwa, untuk merdeka itu perlu pengorbanan yang diawali dengan persatuan dan kesatuan. Pemutaran film akan mengingatkan kembali kepada kita yang hadir untuk jangan hilangkan sejarah. Mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan. Bersinerginya TNI, Polri, pemerintah dan rakyat adalah kekuatan. TNI kuat bersama rakyat," ujar Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav. Solikhin, S.Sos, MM.

Sementara itu mewakili Walikota, Asisten III Pemko Payakumbuh Rida Ananda mengharapkan warga Kota Payakumbuh untuk menonton dan mengambil nilai-nilai yang terkandung didalam penayangan film G-30 S/PKI. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Besok kita akan laksanakan upacara Hari Kesaktian Pancasila. Bersatu kita membangun bangsa," ujar Rida Ananda.

Ketua DPRD Kota Payakumbuh, YB Dt. Parmato Alam dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Kodim 0306/50 Kota atas terlaksananya nobar film Hari Kesaktian Pancasila, yang akan disambut dengan Harlah TNI 5 Oktober nantinya. "Sejak pasca reformasi film tidak pernah diputar lagi, banyak generasi yang tidak kenal sejarah ini. Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa pahlawan. Sejarah adalah penunjuk jati diri suatu bangsa. Dengan bersatunya rakyat bersama TNI dan Polri, segala rongrongan yang akan mengganti ideologi Pancasila, dapat kita tangkas. Dan nilai ini harus kita jaga. NKRI harga mati," ucap YB Dt. Parmato Alam. Kegiatan nonton bareng yang digelar di Medan Bapeneh Ngalau Indah Payakumbuh oleh jajaran Kodim 0306/50 Kota, jajaran Polres Payakumbuh dan Pemko Payakumbuh itu mendapat perhatian antusias dari masyarakat daerah setempat. (Doddy/Kumis)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment