Rumah Ampala Warga Batu Ajung Ludes Dilalap Api

By BAKINews 12 Mar 2019, 11:56:34 WIB Sijunjung
Rumah Ampala Warga Batu Ajung Ludes Dilalap Api

Sijunjung, BKNews----Rumah Ampala ( 54 th ) warga warga Jorong Bartu Ajung kenagarian Lalan, kecamatan Lubuk Tarok, ludes di lalap api, sekitar pukul 12,30 siang, Senin lalu. Pada saat kejadian, tidak satu orangpun pemilik rumah yang berada di atas rumah, karena, mereka pada siang hari itu berada di sawah, dengan jarak lebih kurang 1 km dari rumah.

Rumah permanen milik Ampala yang berukuran 7 x 11 meter itu, dibangun dengan jerih payah selama beberapa tahun. Namun, “ Malang Sakijok Mato “, Setelah rumah berhasil dibangun, dengan sejumlah perabotan rumah tangga, seperti, Kulkas, TV, almari, perabotan lainnya, termasuk sebuah sepeda motor yang berada di dalam rumah serta beberapa emas murni dan uang kontan yang disimpan dalam almari, semuanya ludes dalam hitungan beberapa menit.

Kebakaran itu, awalnya terdengar suara ledakan keras oleh masyarakat. Kemudian, asap hitam membubung ke udara, dari rumah Ampala, masyarakat sekitarnya yang sempat melihat, segera berlarian menuju lokasi, ternyata api sudah membesar dan memamah rumah. Kendatipun dilakukan upaya untuk menjinakan api dengan menyiramkan air dengan perlatan ala kadarnya. Namun, api yang sudah membesar itu, tidak dapat dipadamkan masyarakat.

Wali nagari Lalan, Martonis, begitu mendapat informasi segera memberi tahu petugas Damkar kabupaten Sijunjung, dan sekitar satu jam kemudian, barulah datang mobil pemadan kebakaran. Tetapi, rumah Ampala sudah merata dengan tanah, sehingga, petugas Damkar hanya memadamkan bara-bara api yang masih berasap.

Wakil bupati Sijunjung Arrifal Boy bersama kepala dinas Sosial Yafritos, langsung meninjau lokasi kebakaran, sekaligus memberikan bantuan berupa bahan sembako kepada keluarga Ampala. Sekaligus minta, agar keluarga sabar menerima cobaan itu, karena, cobaan itu, datangnya memang diluar perkiraan manusia.

Akibat kebakaran itu, keluarga Ampala menderita kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah, terdiri dari bangunan rumah, isi rumah dengan seluruh perabotnya, sepeda motor, uang tunai dan beberapa gram emas murni, tutur wali nagari Lalan, Martonis, menyampaikan kepada awak media, usai menyaksikan puing-puing rumah yang hangus itu.

Kapolsek Lubuk Tarok Iptu Pol, Syafrudin Arief SH, kepada awak media mengatakan, dari mana sumber api berasal, masih dalam penyidikan. Namun, perkiraan sementara, api berasal dari kosleting listrik, sesuai dengan informasi dari masyarakat, yang mendengar suara dentuman keras, sebelum api menggempul ke udara. (Rusli/Tasmarinda)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment