Sebanyak 373 Caleg Gencar Cari Pendukung Siang Malam

By BAKINews 15 Apr 2019, 14:31:22 WIB Sijunjung
Sebanyak 373 Caleg Gencar Cari Pendukung Siang Malam

Sijunjung, BKNews---Sebanyak 373 orang caleg di kabupaten Sijunjung, sejak sebulan ini, semakin sibuk mencari pendukung siang dan malam dari rumah ke rumah. Untuk mempengaruhi dan menyakinkan pendukungnya, ada yang tidak segan-segan tekan kontrak dengan pemilih dengan janji-janji yang mengiurkan. Disamping itu, juga pemasangan baliho dan sepanduk di berbagai lokasi strategis, juga dikontrakan kepada simpatisannya, sehingga, baliho dan sepanduk para caleg telah membanjiri warung-warung dan jalan-jalan serta pepohonan.

Untuk ikut bersaing ketat pada pemilu legislatif tahun 2019 ini, memang tidak mudah bagi para caleg, terkecuali dua partai politik yang tidak ikut punya calegnya di kabupaten Sijunjung untuk pemilu pada tahun 2019 ini, yaitu Partai Garuda dan PKPI. Dari caleg yang telah ditetapkan itu, sampai kini belum ada yang mengundurkan diri, ujar ketua KPU kabupaten Sijunjung Lindo Karsa, menjawab pertanyaan awak media BAKI News, di ruang kerjanya beberapa hari lalu, sehubungan dengan pelaksanaan tahapan dan agenda pemilu yang dilaksanakan oleh KPU Sijunjung.

Menurut ketua KPU Lindo Karsa, jumlah kursi yang diperebutkan nantinya pada tanggal 17 April 2019, masih tetap 30 kursi, dengan pembagian, untuk dapil 1, meliputi kecamatan Sijunjung, IV Nagari dan Kupitan sebanyak 10 kursi. Dapil 2, meliputi kecamatan Koto VII dan Sumpur Kudus sebanyak 8 kursi. Sedangkan untuk Dapil 3, meliputi kecamatan Lubuk Tarok, Tanjung Gadang dan Kamang Baru sebanyak 12 kursi.

Pada pemilu tahun 2019 ini, KPU Sijunjung dengan dukungan Pemda Sijunjung bersama Forkopinda, telah siap melaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Dengan demikian, diminta kepada seluruh masyarakat yang telah mempunyai hak pilih, untuk dapat menyalurkan hak demokrasinya pada tangggal 17 mendatang, sekaligus ikut berperan serta untuk menjaga ketertiban dan keamanan bersama, tuturnya.

Sesuai dengan Peraturan KPU No. 20 tahun 2018, tentang pencalonan partai dan bakal calon, serta Peraturan KPU No. 5 tahun 2018, tentang tahapan dan agenda pelaksanannya, maka KPU kabupaten Sijunjung telah melaksanakannya, tutur Lindo Karsa. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui tentang tahapan dan agenda serta pencalonan tersebut, boleh membuka peraturan KPU itu melalui Internet, dan kalau ada yang diragukan, boleh ditanyakan kepada petugas KPU. (Rusli/Tasmarinda)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment