Songsong Ramadhan 1440 H Forpimda dan Tokoh Masyarakat Kota Solok Sepakati 11 Himbauan

By BAKINews 06 Mei 2019, 13:24:56 WIB Kota Solok
Songsong Ramadhan 1440 H  Forpimda dan Tokoh Masyarakat Kota Solok Sepakati 11 Himbauan

Solok Kota, BKNews----Jumat (3/5) lalu, menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H, Pemerintah Kota Solok Melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Nurzal Gustim, S.Stp. M.Si sampaikan keterangan pers kepada awak media, terkait dengan hasil rapat koordinasi forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) dan tokoh masyarakat serta tokoh agama. dikeluarkannya seruan bersama nomor : 005/76/humas-2019 tanggal 18 april 2019 di Ruangan Humas dan Protokol Setda Kota Solok.

Dimana dalam seruan bersama tersebut, diantaranya telah disepakati 11 (sebelas) point himbauan kepada masyarakat kota solok, guna menyongsong datangnya bulan suci ramadhan 1440 H/ 2019 M yakni : (1). sebagai umat beragama islam, mari bersama-sama kita melaksanakan ibadah puasa selama bulan suci ramadhan 1440 h dengan penuh keimanan dan ketaqwaan kepada allah swt ; (2). mari kita bersihkan niat dan sucikan hati serta menjaga silaturrahim, persaudaraan, persatuan dan kebersamaan antar sesama warga kota solok, serta menjauhi semua perbuatan maksiat dan perilaku yang dapat merusak ibadah puasa ramadhan; (3). mari kita ramaikan rumah ibadah dengan memperbanyak amal, dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan dengan sholat berjamaah, baik sholat fardhu ataupun sholat tarawih, witir dan tadarus al-qur’an; (4). kepada semua pemilik restoran, rumah makan dan kedai minuman, diminta untuk tidak membuka usahanya pada siang hari selama bulan suci ramadhan; (5). kepada semua pemilik cafe/ restoran musik, dilarang melakukan kegiatannya; (6). untuk menjaga ketersediaan sembako dan bbm dianjurkan kepada masyarakat untuk berbelanja sesuai dengan kebutuhannya.

(7). dalam rangka menjaga ketertiban, ketentraman, dan keamanan mari kita tingkatkan kewaspadaan diri terhadap tindakan orang-orang/ pelaku yang tidak bertanggung jawab, termasuk terhadap bahaya kebakaran, banjir dan bencana alam lainnya; (8). kepada anak-anak generasi muda dilarang membunyikan meriam bambu, petasan (mercon) dan kembang api terutama disekitar rumah ibadah selama bulan suci ramadhan; (9). sebelum berangkat ke rumah ibadah diminta kepada masyarakat untuk memastikan bahwa rumah sudah terkunci dengan baik, dan pastikan listrik, api kompor dan lain-lainya dalam keadaan aman; (10). kepada masyarakat kota solok diminta untuk mengawasi kedatangan orang/ pendatang baru diwilayah tempat tinggalnya, jika ada hal-hal yang mencurigakan agar segera melaporkan kepada pihak berwenang; (11). kepada petugas keamanan diminta untuk mengawasi dan mengawal pelaksanaan himbauan bersama ini.

Selain itu, pada kesempatan tersebut Nurzal Gustin juga menyampaikan tentang pembagian tim Ramadhan Pemkot Solok yang akan melakukan kunjungan ke kemesjid-mesjid di Kota Solok, yang terdiri dari 12 tim yang bertujuan untu meningkatkan silaturrahim sekaligus bertatap muka dan berdialog langsung dengan jamaah atau masyarakat, sekaligus. dalam rangka penyampaian program-program strategis dari pemerintah daerah sehubungan dengan pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di kota solok.

Selanjutnya, tim ramadhan nantinya juga dapat membantu mensosialisaikan perhelatan akbar musabaqah tilawatil quran (mtq) ke-38 tingkat provinsi sumatera barat yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 s/d 22 juni 2019 di kota Solok,ungkap Agus.

Disamping penyampaian terkait dengan penyambutan datang Bulan Suci ramadhan, pertemuan dengan awak media hari itu, juga di isi dengan rapat koordinasi tentang hubungan kerja sama antara pemkot Solok dengan seluruh media yang berlangganan pemerintah kota solok dan kegiatan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, sekaligus terkait perencanaan kerja sama media berlangganan untuk tahun 2020 . (Miler)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment