Syaiful ST. MM : Bupati Lebih Tahu yang Terbaik Bagi Kab. Solok
Dirumorkan Menjadi Calon Kuat Kepala Barenlitbang Kab. Solok

By BAKINews 11 Jul 2019, 10:21:21 WIB Kab. Solok
Syaiful ST. MM : Bupati Lebih Tahu yang Terbaik Bagi Kab. Solok

Arosuka, BKNews----Terkait akan pensiunnya kepala Barenlitbang Kab. Solok H. Dusral, SE. MM dalam waktu dekat, secara otomatis kepemimpinan di salah satu badan penting pemerintahan dibawah kepemimpinan pasangan Bupati H. Gusmal, SE.MM dan Wakil Bupati Solok Yulfadri nurdin itu mulai diancang dan dipersiapkan guna tetap terlaksananya kerja pemerintah daerah secara utuh.

Kondisi itu membuat rumor nama-nama calon kepala barenlitbang baru, yang mulai digadang-gadang serta dimunculkanpun mulai berkembang, setidaknya sampai waktu berita ini diterbitkan, salah satu nama yang mulai santer dibicarakan ditingkat pejabat dan pegawai yang bertugas dikomplek perkantoran pemerintah daerah penghasil markisah tersebut, yakninya syaiful, ST. MM kepala ULP Kab. Solok.

Seperti yang disampaikan oleh salah satu tokoh masyarakat Kab. Solok Yemrizon atau lebih dikenal dengan panggilan Datuak Yem, yang juga tergabung dalam LSM Perak, ketika berbincang dengan media ini menyampaikan, bahwa sebenarnya siapapun yang menjadi kepala barentlitbang itu nantinya tidaklah begitu penting, karena ini bukan hanya persoalan siapa yang menjabat, tapi siapa yang mampu untuk jabatan itu. Dia menyampaikan banyaknya rumor yang berkembang itu biasa saja, itu tandanya masyarakat masih sangat peduli dengan kab. Solok kedepan, sebutnya dengan nada datar.

“saya pikir, masayakat sah-sah saja membicarakan dan berharap siapapun kepala barenlitbang nantinya adalah benar-benar sudah menjadi pilihan terbaik dari Bupati Gusmal, karena mengingat begitu penting dan strategisnya keberadaan barenlitbang itu sendiri dalam sebuah pemerintahanan, karena diantara bebeberapa fungsi yang menjadi tugas pokok disana yakninya, penyusunan kebijakan teknis pemerintah di bidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan, pelaksanaan tugas dukungan teknis dibidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan, Pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang urusan pemerintahan daerah di bidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan, serta pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya” tutur yem.

“kalau bahasa saya, barenlitbang itu adalah dapurnya dalam pelaksanaan rencana pembangunan pada sebuah daerah. untuk itu siapapun yang menjadi pimpinan di sana nanti, mestinya harus memiliki komptensi yang jelas dan syarat pengalaman, serta mengenal kab. Solok secara keseluruhan, serta bisa berkomunikasi dengan baik dengan siapapun, baik itu sesama dinas yang tergabung dalam pemerintah daerah, maupun dengan lembaga legislatif, yakni DPRD Kab. Solok sebagai sebuah pemerintahan. Artinya orang yang menjabat nanti itu harus punya ilmu, berwawasan, berpengalaman, luwes dan kenal dengan seluk beluk Kab. Solok ini” tambahnya lagi. Selain itu, Yemrizon yang juga salah satu wartawan senior disana, ketika disebutkan terkait munculnya nama syaiful, ST. MM Kepala ULP Kab. Solok sekarang sebagai bakal calon kepala barentlitbang yang baru nantinya, kepada media ini disampaikannya.

“kalau memang dia nanti diberikan oleh amanah oleh Bupati Solok, saya secara pribadi juga sangat mendukung, malahan bagi saya syaiful merupakan salah satu pejabat “recomended” juga untuk itu, bukan asal-asalan saja, saya ini sudah lama jadi wartawan dikab. Solok, dengan umur saya yang sekarang, saya cukup mengenal baik siapa dia, selain cara berkomunikasinya bagus, dia putra kab. solok asli, dia juga punya kompetensi yang jelas, karena setahu saya dia sudah mengabdikan diri sebagai pegawai dibeberapa dinas penting sebelumnya, maupun jabatan yang pernah dipegangnya, dan saya juga tahu , kalau tidak salah dia sudah 25 tahun menjadi pegawai di kab. Solok ini , diantaranya dia pernah di Dinas PU. Kab. Solok, Sekwan dikantor DPRD kab. Solok, Sekretaris di dinas pertambangan, sekretaris di BPM Kab. Solok, Kepala Bagian Umum Setda Kab. Solok, sekretaris di Dinas KLH Ka. Solok. yang terpenting juga dari syaiful ini terkait dengan kepentingan pimpinan dibarentlitbang nantinya adalah dia itu sudah pernah bekerja di Bappeda (barenlitbang sekarang) Kab. Solok selama 10 tahun sebagai sekretaris disana. Artinya dengan seluruh pengalaman itu, dia sudah tahu, mengenal, berpengalaman, dan barenlitbang itu bukanlah sesuatu yang asing lagi baginya, apalagi terkait dengan masa kepemimpinan bupati sekarang yang sudah hampir di ujung jalan, kandidat disana itu memang perlu orang yang sudah siap, bukan lagi orang yang harus belajar. Pungkas Dt, Yem.

Sementara itu, Syaful ST. MM yang sekarang sedang menjabat sebagai Kepala ULP Kab. Solok, Kamis (10/7) Ketika dimintai tanggapan diruang kerjanya, kepada media ini tegas dikatakannya “ keputusan itu kita serahkan saja kepada pucuk pimpinan kita, pilihan rakyat Kab. Solok Bapak H. Gusmal, SE. MM, karena saya yakin beliau sudah tentu lebih mengenal setiap kita yang dibawah bekerja membantu beliau untuk membangun kabupaten solok lebih baik lagi kedepan, beliau tentunya juga tidak akan sembarangan menempatkan pejabat disana, karena beliau pasti lebih bisa membaca potensi, lebih selektif dan lebih mengenal kelebihan dan kekurangan kami-kami yang ada di bawah ini”. Ungkapnya

“yang jelas bagi saya sekarang ini, sesuai dengan perintah bapak bupati solok , saya akan bekerja sebaik-baiknya sesuai denga jabatan saya sekarang sebagai kepala ULP, karena memang itulah tugas saya, tetapi kalau siapa yang akan memimpin di Barenlitbang nantinya, itu adalah wewenang dari bapak Bupati. Dan seandainya nanti memang saya juga dipercaya dan mendapat amanah dari beliau seperti rumor yang berkembang itu, tentunya sebagai bawahan bupati, saya juga harus siap dan akan melaksanakan itu dengan sebaik-baiknya juga, karena sebagai pembantu beliau dalam pemerintahan saya harus selalu siap. Tetapi yang jelas, siapapun yang dipercaya nanti menjadi kepala barentlitbang Kab. Solok merupakan sudah pilihan terbaik dari Bupati kita Bapak H. Gusmal. Pungkas syaiful singkat. (Miler)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment