Wagub Sumbar Nasrul Abit : Pelatihan Kebencanaan Bentuk Keseriusan Pemerintah

By BAKINews 15 Apr 2019, 12:26:45 WIB Padang
Wagub Sumbar Nasrul Abit :  Pelatihan Kebencanaan Bentuk Keseriusan Pemerintah

Padang, BKNews----Pelatihan dalam menghadapi bencana harus terus ditingkatkan sebagai bentuk keseriusan dalam menghadapi bencana terlebih daerah Sumbar memiliki ancaman gempa yang besar. Wagub Sumbar Nasrul Abit pada acara Table to exercise (TTX), command post exercise (CPX) dan pengenalan field training exercise (FTX) di Padang Kamis (04/04/2019) mengatakan, potensi ancaman gempa di Sumbar Megathrust Mentawai.

Berdasarkan perkiraan para ahli, kekuatan gempa apabila Megathrust Mentawai lepas, mencapai 8,9 Skala Richter dan memicu tsunami dengan kecepatan gelombang mencapai 800 kilometer per jam.

Dengan kecepatan itu, diperkirakan tsunami sampai di daratan Kota Padang antara 20 sampai 27 menit pasca gempa terjadi. Sedangkan di daratan Mentawai tsunami antara 3 sampai 7 menit.

Nasrul Abit meminta kepada aparatur pemerintah sejak dini memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga agar lebih siap dalam menghadapi bencana.

Edukasi yang dilakukan pemerintah kota Padang dengan sistem ke rumah-rumah warga dinilai efektif. Saat ini edukasi dari rumah ke rumah sudah mencapai 30.000 rumah warga berikut 100 sekolah.

"Berarti Kota Padang sudah berbuat langsung dilapangan," kata Nasrul.

Pelatihan Table to exercise (TTX), command post exercise (cpx) dan pengenalan field training exercise (ftx) ini membahas Rencananya kontingensi tsunami provinsi Sumbar (peningkatan simulasi dan pelatihan kebencanaan 2019). (Alrifjon)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment