Anak-Anak Suku Kubu, Sudah Berani Minta Uang

By BAKINews 15 Okt 2018, 14:15:27 WIB Sijunjung
Anak-Anak Suku Kubu, Sudah Berani Minta Uang

Sijunjung, BKNews----Anak- anak dari suku Kubu atau suku Anak Dalam ( Kubu ), dari daerah kabupaten Bungo dan Muaro Tebo Jambi, hampir setiap tahun, pada bulan tertentu sering memasuki daerah kabupaten Dharmasraya dan Sijunjung. Mereka datang dengan membawa anak dan keluarganya. Di sepanjang jalan dan tempat, mereka tanpa malu-malu selalu minta uang kepada siapa saja yang ditemuinya. Bahkan, mereka sengaja meninggalkan anak-anaknya di tempat tertentu untuk minta uang.

Dalam pantauan BAKI News, dalam beberapa bulan ini, setidaknya sudah ada 3 kali kelompok suku Anak Dalam ( Kubu ) yang datang ke Sijunjung. Pada bulan puasa yang lalu, ada sekelompok masyarakat Kubu yang datang ke Sijunjung, mereka datang untuk minta uang selama beberapa hari, kemudian menghilang lagi. Apakah mereka kembali ke daerah kabupaten Muaro Bungo dan Muaro Tebo Jambi, atau pindah ke daerah lain.

Pada minggu yang lalu, kelompok suku Anak Dalam ( Kubu ) itu, datang lagi dengan jumlah sekitar 32 orang. Dari rombongan itu, ada 5 orang anak-anak yang berumur 7 – 10 tahun, tanpa mengenakan baju dan alas kaki, mereka mengemis minta uang di tempat tertentu, seperti di komplek SPBU Tanah Bedantung Sijunjung dan tempat lainnya yang banyak disinggahi orang.

Anak- anak itu mengemis sejak pagi sampai sorenya. Sementara orang tua mereka, berkeliaran minta uang di pasar Sijunjung dan perkantoran di Muaro Sijunjung.

Sewaktu awak media BAKI News, ingin mengambil fotonya, mereka lari ketakutan, kendatipun dikasih uang pecahan seribu rupiah. Namun, dengan taktik dan perantaraan seorang petugas SPBU untuk memberikan uang, akhirnya wartawan BAKI News, berhasil juga mengambil fotonya sewaktu mereka menerima uang tersebut. Kendatipun, ada satu orang yang lari dan tidak mau diambil fotonya, karena, merasa takut.

Berdasarkan keterangan dari petugas SPBU Tanah Bedantung Sijunjung, sekelompok orang Kubu itu, biasanya paling lama di suatu daerah hanya 3 hari, kemudian mereka pergi lagi ke tempat lain. Berhasil atau tidak berhasil mendapatkan uang, mereka tetap pergi ke tempat lain, dan selama 2- 3 hari itu, mereka berkemah dengan memasang tenda plastik di pinggir jalan, untuk berkumpul di malam harinya, karena, siangnya mereka bertebaran ke berbagai tempat minta uang. (Rusli/Tasmarinda)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment