Kondisi Jalisum Dibanjiri Lubang dan Air

By BAKINews 05 Nov 2018, 14:09:45 WIB Sijunjung
Kondisi Jalisum Dibanjiri Lubang dan Air

Sijunjung, BKNews-----Musim hujan yang telah berlangsung sejak beberapa pekan ini, membuat kondisi jalan lintas Sumatera di daerah kabupaten Sijunjung dibanjiri lubang dan genangan air, sehingga, membuat pengemudi terpaksa eksra hati-hati, dengan kecepatan 10 km/jam. Bagi pengemudi yang kurang hati-hati, sering berakibat fatal, seperti terperosok masuk lubang, ban pecah, slip dan tabrakan.

Lubang-lubang yang membanjiri jalan Lintas Sumatera itu, bukanlah pada tahun ini saja, melainkan sudah menjadi warisan setiap tahunnya, terutama dalam musim penghujan, dengan arus lalu lintas kendaraan antar kota dan provinsi cukup padat, ujar beberapa orang tokoh masyarakat Sijunjung, mengeluhkan kepada awak media BAKI News, di Sijunjung beberapa hari lalu.

Kondisi jalan semacam itu, bukan saja dikeluhkan oleh masyarakat, tetapi juga oleh pengemudi antar kota provinsi dan pengemudi dalam daerah kabupaten Sijunjung, seperti, dituturkan oleh Bj. Arman (43 th), salah seorang sopir bus antar kota dalam provinsi Sumbar, yang setiap harinya melewati jalan Lintas Sumatera dalam daerah kabupaten Sijunjung dan Dharmasraya.

Walaupun kami para sopir selalu mengeluh, karena, kondisi jalan rusak dan berlubang, tetapi, keluhan kami tidak didengar oleh pejabat yang berwenang. Lagi pula, mau tidak mau, suka tidak suka, jalan semacam itu, tetap juga kami lewati, demi untuk mencari kebutuhan hidup keluarga sebagai seorang kuli roda, ujarnya kepada BAKI News, sewaktu bincang-bincang di SPBU Tanah Bedantung Sijunjung beberapa hari lalu.

Kepala dinas PU-PR kabupaten Sijunjung Ir.Budi Safarman MT, sewaktu dikonfirmasi melalui HP-nya, mengatakan, jalan lintas Sumatera, adalah tanggungjawab provinsi dan pemerintah pusat. Sedangkan yang menjadi tanggungjawab Pemda Sijunjung hanya jalan kabupaten yang menghubungkan antar nagari dan kecamatan. Untuk memperbaikinya, dananya bersumber dari APBD kabupaten Sijunjung, yang setiap tahunnya juga cukup terbatas. (Rusli/Tasmarinda)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment