Masyarakat Mengadu Ke Wagub Pembabatan Hutan Merajalela di Rao Pasaman

By BAKINews 24 Mei 2019, 14:50:57 WIB Pasaman
Masyarakat Mengadu Ke Wagub Pembabatan Hutan Merajalela di Rao Pasaman

Pasaman, BKNews----Penebangan hutan secara liar membuat Warga Rao Selatan Kabupaten Pasaman semakin cemas. Suatu saat sawah dan kolamnya tidak dialiri air kerena bukit semakin gundul. Sehari hari mata pencairan Masyarakat Rao Selatan yaitu berkolam ikan dan kesawah tentu butuh air yang cukup. Kalaulah hutan sudah gundul resapan air berkurang petani ikan semakin merugi. Hal ini dilaporkan Syahrial pemuka masyarakat Nagari Lansek Kadok kecamatan Rao Selatan Pasaman yang juga sebagai pengurus Masjid Raya Nurul Aman Beringin kepada Wakil Gubernur Nasrul Abit ketika melakukan safari ramadhan ke daerah itu.

Menanggapi hal tersebut Wakil Gubernur Nasrul Abit merespon keluhan masyarakat tersebut, ia menjelaskan hutan merupakan sumber kehidupan, kalau lah hutan di babat tentu mengakibatkan erosi, banjir. Pembalakan secara liar tidak kita ditolerir, aparat akan segera bertindak tidak pandang bulu siapun orangnya.

“ Kita akan laporkan kepada pihak yang berwajib bagi pembalak liar tersebut,” tegas Wagub. Lebih lanjut wagub mengatakan Ia berjanji akan mengunjungi daerah tertinggal di daerah ini, walaupun Pasaman telah keluar dari daerah tertinggal namun sebagian masyarakat masih ada yang miskin. Nanti kita bersama Bupati mengunjungi masyarakat yang masih miskin kita data untuk dapat kita berdayakan, sehingga dapat memenuhi kehidupan mereka.

Sementara kata Wagub pasca pemilu sudah usai, kita telah memilih Presiden dan Wakil Presdien, serta anggota legislative. Kita mendengar disana sini ada keributan, masyarakat diminta tenang tidak usah ikut, siapun yang terpilih itulah pimpinan kita. Kepada anggota dewan yang terpilih di daerah Pasaman ia berharap ke masyarakat lakukanlah komunikasi dengan baik.

“Wagub yang juga sebagai Ketua Gerindra Sumbar itu akan mengumpulkan dan melakukan komunikasi dengan anggota dewan terpilih berasal dari Gerindra,” ujarnya. Untuk masalah perekonomian didaerah Pasaman Wagub selalu memantau termasuk masalah Perikanan dia selalu berkomunikasi dengan tokoh masyarakat dan Pemerintah Daerah. Apalagi pembukaan jalan menuju Riau sudah bagus dan lancar, tentu membawa hasil panen ikan semakin lancar pula ke daerah itu. Sementara di bidang ke agamaan malam ini kita melakukan silturahmi di Masjid Nurul Aman Beringin, Alhamdulillah masjid masih terisi penuh. Ditambahkannya, untuk naik haji saja kita antri 19 tahun, kalau ada yang berniat mendaftarlah segera dan silahkan dulu umrah sambil belajar.

Pada kesempatan itu Wagub juga menyinggung masalah pendidikan, kalau ingin kuliah masuklah SMA, kuliahlah pada perguruan tinggi setidak akriditasi B. Sedangkan yang pingin bekerja cepat masuklah SMK sekolah kejuruan. “Sekarang masuk apapun tidak bisa ditolong- tolong sekarang zamannya komputerisasi digital, ujarnya.

Sementara Staf Ahli Bupati Pasaman Drs. H. Asari, M.Pd mewakili Bupati Pasaman menyampaikan apresiasi kepada pemerintah provinsi yang sudah memperhatikan daerah Pasaman. “ Kabupaten Pasaman untuk tahun ini paling banyak dikunjungi tim safari ramadhan provinsi,’’ ungkap Asari.

Hadir Pada kesempatan tersebut Asisten II Kab Pasaman, Camat Kecamatan Rao Selatan, Anggota dewan terpilih dan Ustadz Afrisal sebagai penceramah. Wagub kesempatan itu menyerahkan sumbangan untuk masjid Nurul Aman sebesar Rp.20 juta. (Biro Humas)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment