Pemkab Pessel Ajukan Draf Kerja Sama Dengan TNKS Wil II Sumbar

By Rudi Syafri 12 Jul 2018, 13:48:56 WIB Pesisir Selatan
Pemkab Pessel Ajukan Draf Kerja Sama Dengan TNKS Wil II Sumbar

Painan, BKNews----Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Sesuai perencanaan pengembangan ekowisata, pemerintah daerah bakal melakukan pelestarian, baik di bagian pinggir, maupun di dalam kawasan hutan . Pemkab pessel akan merencanakan pengembangan potensi ekowisata di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Pemuda dan Olahraga, Mawardi Roska mengatakan, pengembangan ekowisata bakal menggandeng Balai Besar Wilayah Taman Nasional Wilayah II Sumbar , sebutnya usai pertemuan dengan pihak TNKS di Kenagarian Lumpo Kecamatan IV Jurai .

lanjutnya, Pessel memiliki potensi ekowisata yang sangat menjanjikan. Selain di Limau Gadang Lumpo, masih banyak titik-titik lain yang belum tersentuh. “Dan Kami telah ajukan draft kerjasamanya. Ini juga sesuai dengan arahan bupati.

“Serta Draf sudah diterima pihak Balai untuk dibahas lebih lanjut. Kemudian setelah itu baru persiapan penandatangan MoU kerjasama,” sebut Mawardi. Kepala Bidang Pengolahan Taman Nasional Kerinci Sebalat (TNKS) Wilayah II Sumbar Yunaidi mengatakan baik rencana Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. TNKS merencanakan pembangunan jembatan gantung di Kenagarian Limau Gadang , Lumpo. Kegiatan ditargetkan bakal dimulai pada tahun anggaran 2020 mendatang.

“Nilai investasinya mencapai Rp400 juta. Pembiayaannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” sebutnya. Saat ini, proses pembangunan telah sampai pada tahap penyiapan detail enginering design (DED). Kemudian diajukan pada tahun anggaran 2019.

harapan, dengan dibangunnya jembatan gantung sebagai penunjang ekowisata, menambah kawasan baru sektor pariwisata di negeri berjuluk ‘’sejuta pesona’’. Dalam pertemuan tersebut, Selain Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Pemuda dan Olahraga, juga dihadiri perwakilan Balai Besar Nasional TNKS Wilayah II Sumbar. Serta hadiri pegiat pariwisata alam Pessel, dan Jajaran Pemerintahan Nagari Limau Gadang Lumpo, Badan Musyawarah (Bamus) Nagari. (Yusmardi)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment