Program Bulo Walikota Makassar Menuai Pujian

By Rudi Syafri 14 Agu 2017, 12:01:55 WIB Sulawesi Selatan
Program Bulo Walikota Makassar Menuai Pujian

Makassar, BKNews--Salah satu prestasi Makassar di bawah kepemimpinan Walikota Danny Pomanto, ialah sukses membuat lorong yang cantik-cantik dan produktif dengan label Garden yang dipadu dengan kemasan BULO (Badan Usaha Lorong).

Terkait program Restorasi Lorong atau yang sering disebut Lorong Garden (Longgar), yang dicetuskan Walikota Makassar, Danny Pomanto mendapat pujian dari Islamic Development Bank (IDB) dan World Bank. Program tersebut dinilai selangkah lebih maju dari program nasional Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU).

“Pihak IDB dan World Bank sudah mengakui program walikota dengan restorasi lorong yang sudah memiliki 700 bank sampah, Kemudian 700 lorong yang sudah tertata dan kita targetkan 981 lorong sesuai dengan jumlah RW yang ada di Kota Makassar,” kata Kepala Bidang Drainase dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Makassar Fuad Azis.

Fuad mengungkapkan, George Soraya sebagai World Bank Team Leader dan Danny Pomanto, telah melakukan pertemuan dengan di Rujab Wali Kota Makassar, Senin (7/8/2017) kemarin. Pertemuan itu bertujuan untuk melihat, bagaimana kolaborasi di antara skala lingkungan dengan skala kawasan dalam program kota tanpa kumuh di Makassar.

Sementara Danny Pomanto menyatakan bahwa selain pembangunan fisik, pihak Pemerintah Kota (Pemkot) juga sangat memperhatikan pengembangan kota dari segi non fisik, yakni perubahan perilaku warga.

“Jadi yang harus dilakukan adalah penguatan kelembagaan, yang dibantu oleh pendampingan fasilitator di kelurahan. Kemudian penguatan kelembagaan di tingkat RT/RW dan Kelurahan, sehingga attitude bisa dimaksimalkan,” ucap Danny (Arif)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment