Realisasi Imunisasi Measles dan Rubella (MR) Sudah 55 %

By BAKINews 08 Okt 2018, 14:11:40 WIB Sawahlunto

Sawahlunto, BKNews----Realisasi imunisasi measles dan rubella (MR) sudah mencapai 55,5 persen atau 11.997 anak dari 16.245 anak dari 126 SD dan SLTP se Kota Sawahlunto.

Sejak dicanangkan 1 Agustus 2018 lalu, persentase realisasi imunisasi MR, Kota Sawahlunto peringkat ketiga di Sumbar dibawah Kabupaten Mentawai dan Kabupaten Sijunjung.

"Secara grafik kita masih tinggi, namun dalam beberapa waktu ini terjadi stagnansi, dibanding daerah lain yang sempat di hentikan namun peningkatannya berjalan lebih cepat," kata Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Yasril usai Rapat Monitoring dan Evaluasi Imunisasi MR Tingkat Kota Sawahlunto, Selasa (02/10).

Yasril menyadari perlu usaha ekstra untuk mencapai realisasi 95 persen yang ditargetkan, di masyarakat sendiri terjadi sedikit penolakan karena prinsip agama.

"Penolakan itu karena prinsip agama, namun dengan telah dikeluarkannya Fatwa MUI nomor 33 tahun 2018 yang membolehkan atau mubah imunisasi MR, inilah yang akan kita sosialisasikan ke masyarakat," jelasnya.

"Berita yang tidak jelas atau hoaks di media sosial juga sangat mempengaruhi, ada yang mengatakan imunisasi bisa mengakibatkan lumpuh atau sakit padahal di Sawahlunto sampai saat ini belum pernah terjadi," sambungnya.

Dari hasil rapat monitoring, imunisasi MR tetap dilaksanakan dengan membuat tim pelaksana per kecamatan dan melibatkan ulama dan tokoh masyarakat,
video testimoni yang menyentuh serta Surat edaran dari Walikota Sawahlunto.

Sementara itu, Walikota Sawahlunto Deri Asta mengatakan pihaknya bukan seolah-olah mengabaikan fatwa MUI. "Kami mempertimbangkan, jika imunisasi MR dihentikan, bahayanya kedepan akan lebih besar bagi masyarakat. Kita ingin tidak lagi ada anak Sawahlunto terlahir cacat karena ibunya terinveksi saat hamil," ujarnya. (Yuda)

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment